Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 18 Jul 2014  07:11 WIB  1 komentar
Dokter, umur saya 18 tahun. Tahun lalu saya mengikuti tes seleksi polisi dan sebelum tes saya di saranin untuk medical check up terlebih dahulu,kemudian hasil labor kesehatan saya tidak ada masalah dan SGOT dan SGPT pun normal, tapi HbsAg saya positif. kemudian saya konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, setelah di cek hati saya tidak ada masalah lalu dokter menyarankan lagi saya cek HBV-DNA, dan hasilnya (Virus terdeteksi 4.48x10^4), saya belum sempat ke dokter karena lagi liburan diluar kota. keluarga saya ternyata positif hbsag juga, yang saya ingin tanyakan: 1) jika saya carrier apa bisa disembuhkan? mengingat pekerjaan di masa depan diharuskan bebas dari hbsag 2) sebelumnya dokter saya mengatakan bisa disembuhkan dalam jangka waktu 6 bulan atau lebih,dan obatnya tersedia di askes.lalu apakah obatnya ada efek samping ? soalnya mengkonsumsi obat dalam waktu lama saya takut kenapa2 di masa depan,lagian juga saya masih muda ! 3) apa saja obat yang bisa menyembuhkan dalam dunia medic dan kekurangannya? 4) saya sudah coba cari tahu tentang pengobatan alternatif penyakit hepatitis b carrier, saya liat ada yang sembuh dengan bukti2 labor pasien mereka, apakah ini aman? soalnya saya kurang percaya dengan pengobatan alternatif 5) dokter, pikiran saya sekarang terganggu dengan penyakit ini jadi saya butuh jawaban positif,soalnya jawaban yang selalu cari kebanyakan membuat saya lebih drop Terimakasih, :-)
 18 Jul 2014  11:34 WIB

Selamat pagi, terima kasih atas pertanyaannya.

Pada umumnya pengobatan hanya dapat menekan jumlah virus agar tidak terus bertambah dan menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi yang tidak diinginkan di kemudian hari. Perubahan hasil HbsAg dari positif menjadi negatif tergantung pada keadaan masing-masing orang seperti kemampuan daya tahan tubuh seseorang dan bagaimana respon tubuh seseorang terhadap obat-obatan yang diberikan.

Efek samping setiap obat-obatan berbeda tergantung pada jenis obat yang diberikan. Pada kasus Anda, dokter mungkin akan memberikan obat interferon. Efek samping yang mungkin timbul melalui pemberian obat ini adalah seperti gejala flu yaitu demam, nyeri otot, rasa tidak enak badan, dan nyeri kepala.

Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus atau bakteri. Jadi bukan membunuh virus atau bakteri tersebut secara langsung.

Untuk pengobatan alternatif dianjurkan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani Anda karena Beliau lebih tahu mengenai keadaan Anda. Selain itu, bila ada pengobatan alternatif yang membuat Anda merasa tertarik untuk mencoba, Anda dapat mencoba membawa brosur atau informasi seputar pengobatan alternatif tersebut dan membawanya saat memeriksakan diri ke dokter Anda dan menanyakannya pada dokter Anda.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut seputar hepatitis B, klik di sini