Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 24 May 2019  21:44 WIB  1 komentar
selamat malam
dok saya mau tanya jika badan keluar keringat berlebihan dan besar-besar. itu sakit apa yah? dan penyebabnya apa?
 25 May 2019  15:57 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Berkeringat adalah reaksi normal tubuh untuk mengeluarkan kelebihan panas karena sisa metabolisme dalam tubuh. Seseorang akan lebih mudah berkringat saat berada dalam suhu lingkungan yang panas, beraktifitas berat, konsumsi makanan panas, pedas , dalam keadaan cemas, panik. Ada 2 macam keadaan berkeringat/hiperhidrosis:

  1. Hiperhidrosis primer, keringat berlebihan terjadi pada area tubuh tertentu ( misal telapak tangan, kaki, ketiak, kepala, dan sebagainya). Penyebabnya tidak diketahui secara pasti, kemungkinan berkaitan dengan saraf yang mengatur kelenjar keringat terlalu aktif. Biasanya kondisi ini diturunkan secara genetik.
  2. Hiperhidrosis sekunder, keringat berlebihan terjadi di seluruh tubuh dan biasanya karena ada penyakit lain yang mendasari seperti: gangguan tiroid, gagal jantung, keganasan, TBC, diabetes, gangguan pada saraf, dll 

 

Jika keluhan ini dirasakan mengganggu dan masih berlanjut, sebaiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dicari penyebab yang mendasari dan diterapi dengan tepat. Karena diperlukan pemeriksaan fisik pada anda secara langsung. Beda penyebab akan berbeda penanganannya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.