Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 10 Sep 2019  09:08 WIB  1 komentar
Dok hampir 2 bulan ini sy konsumsi pil kb, semenjak itu sy tdk haid lagi dan bbrp hr ini stlh berhubungan sy kluar bercak darah sedikit dok, lalu pinggang sy terasa sakit seperti pms kadang ada nyeri di bagian rahim, apakah itu normal dok? Terima kasih
 10 Sep 2019  11:38 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Penggunaan pil KB dapat menyebabkan berbagai efek samping, seperti haid yang tidak teratur. Pada penggunaan pil Kb, maka haid dapat terjadi tidak menentu, dan dapat terjadi periode haid yang memanjang , sehingga dapat saja seseorang tidak kunjung mendapat haid dalam jangka waktu yang lama. 

 

Apakah perdarahan yang anda alami terjadi setiap kali berhubungan intim atau ketika tidak berhubungan intim juga terjadi? Keluhan darah yang keluar setelah berhubungan seksual disebut post coital bleeding. Post Coital Bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan, diantaranya:

- Adanya erosi di vagina: dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, sehingga ketika penis melakukan penetrasi (penis masuk ke vagina) dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet.

- Erosi servik: dikarenakan adanya peradangan pada serviks (leher rahim) sehingga ketika berhubungan seksual dapat menyebabkan perdarahan. 

- Atrofi vagina: terjadi penipisan, pengeringan, dan peradangan dinding vagina karena tubuh kekurangan estrogen. Biasanya terjadi pada ibu menyusui dan setelah menopause.

- Polip servik

- Luka genital akibat penyakit menular seksual (PMS), seperti sifilis, gonorre, chlamydia

- Displasia serviks: Perubahan pre-kanker pada kanker leher rahim

- Mioma rahim yaitu tumor jinak yang berasal dari dinding otot rahim

- dll

 

Jika anda mengalami perdarahan vagina, hindari berhubungan seksual pada keesokan harinya. Sebaiknya anda beristirahat jika perdarahan membuat tubuh menjadi lelah atau sakit. Apabila perdarahan setelah berhubungan intim terjadi lebih dari sekali, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk dapat dicari penyebabnya segera dan anda segera mendapat terapi yang sesuai.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat